Wednesday, November 17, 2010

Why Movie Quotes?

 have u noticed? all of it, it was the quotes written between the lines

Saya "kolektor" movie quotes tulen.
Juga pecinta hampir semua genre film.
Saya harap saya bisa mengingatnya, tapi entah sejak kapan saya selalu menganggap bahwa film atau serial tv tidak hanya memiliki cerita menarik yg bisa dinikmati oleh penonton.
The way I see it, movie always has two ultimate major things. 
The stories bring such a big entertaiment , and the quotes simply give the best  lifetime experience.

Mungkin dulu, mayoritas orang menonton film benar-benar hanya untuk melepaskan rasa penasaran terhadap ceritanya.
Singkat kata, kalau kita mengikuti awal, alur, dan akhir ceritanya, that's it..people will say "congratulation, u just have officially enjoyed the whole movie."

Harusnya hanya tiga tahapan teknis itu yang perlu saya lewati untuk berhasil menikmati sebuah film.
What can I say?  
Ternyata ada satu "ritual" lagi yang nyaris selalu saya nikmati selama menonton film : finding a quite intersting movie quote.

You can call it as a complex, a disorder, or even a mental illness in the art of words (L.O.L ^_^) but, knowing, how amazingly interesting that the actors choose those whole smart  punchline, really can make me enjoy the story so-much-more.
I guess it explains a lot why up till now I A.L.W.A.Y.S love to quote not only one but maybe three or more lines as souvenirs from movie.
They just simply stay almost forever in my mind..and somehow become the best another thing I can get from movie, of course outside the story.
The funny thing is if u are lucky, sometimes in such a very worst movie ever, u still can find the not-so-bad-enough interesting quote.

Now I really wanna enjoy these quotes that I got all these years from any different kind of movie in my very own blog..
And maybe by doing this, i can share this hobby with them who feel the same way about it..
Since I'm a huge fan of the art of words game, I'm not only gonna post quotes that we could take the best living lesson from it, but also kinda quotes which have such a funny and smart vocabulary in it.

These quotes, mostly I got them from my very own experience in watching movie.
And the rest, I got it from related source like "Cinematheraphy Series" by Nancy Peske and Beverly West. 
I found some really interesting quotes from several old movies in that book but I still got a problem to find the DVDs. 
They probably are not available no more in store, but one day if I finally found the movies, I'm so gonna watch it! ^_^
Well..hope you guys like these quotes too, just as much as they simply inspired me in so many ways.

Blog ini saya dedikasikan pada Alm. Bapak Asep Sambodja, guru terbaik dan sastrawan penyumbang karya-karya luar biasa bagi dunia puisi Indonesia.
Tanpa beliau, saya tidak akan terpikir untuk meneruskan hobi remeh yang terkesan konyol ini.
Kumpulan quotes film ini pertama kali saya susun sebagai tugas akhir untuk kuliah paket penyuntingan ketika dipercaya menjadi dosen pengajarnya.
Saya akan selalu ingat ketika mengetahui bahwa saya menyusun buku tentang quotes film untuk tugas akhir kuliah, beliau menyarankan agar saya meneruskan hobi saya "mengoleksi" dan menulis quotes film.
Beliau juga sependapat bahwa orang bisa mendapatkan pelajaran dari mana saja, termasuk dari hal semacam quotes yang sering terlewatkan oleh banyak orang di saat mereka menikmati film.

Quotes mungkin adalah terakhir yang ingin dinikmati oleh orang-orang setiapkali mereka datang ke bioskop, padahal quotes terkadang bisa menginspirasi kita dengan caranya sendiri terhadap hal-hal nyata yang tengah kita hadapi dalam hidup.
Saya beruntung masih dapat bertukar pendapat dengan beliau saat  iseng menceritakan ide untuk membuat blog tentang quotes film.
Sayang sekali, saya tidak sempat menunjukkan blog ini pada beliau.
Karena selama masa penyusunan blog ini, beliau tengah menjalani masa perawatan di sebuah rumah sakit di Yogyakarta.
Anehnya, entah kenapa setiap melihat perkembangan kondisi beliau melalui situs Facebook, dalam hati sesuatu seperti semakin menyuruh saya untuk mempercepat proses penulisan blog ini.
It seemed like I knew that something's bad gonna happen to him, that's why I thought I should have been done with blog so I could dedicated to him.
Dan saya membenci setengah mati firasat kuat yang saya rasakan sejak satu bulan lalu itu, ketika akhirnya saya mendengar kabar bahwa ia benar-benar telah berpulang pada-Nya.
Saya cukup emosional lebih dari yang saya duga ketika menghadapi berita tersebut dan cenderung menyalahkan diri sendiri yang tidak menanggapi lebih cermat firasat saya dari awal.
Andai saja saya bisa menyusun blog ini tanpa perlu diiringi dengan kesibukan lain, dan jika saja saya lebih menyimak firasat itu, mungkin saya tidak akan terlambat untuk menunjukkan blog ini sebagai dedikasi, rasa terima kasih terhadap beliau yang mendukung hobi ini sejak awal, dan juga untuk penyemangat beliau dalam menjalani masa penyembuhan.

Tapi Tuhan memang Maha Baik lebih dari yang kita pikirkan.
Dengan adanya "kebijakan" yang Ia tetapkan pada pak Asep, saya rasa ada berjuta doa dan dedikasi yang akan terus mengalir dari semua sahabat yang begitu terkesan akan kebaikan dan karyanya.
Lewat beliau, saya sungguh banyak belajar.
Bahwa ada orang-orang yang terlalu luar biasa semasa hidupnya hingga menjadi kehilangan besar bagi kita selepas mereka tiada.
Dengan kesan ajaib yang sederhana, mereka terus terasa hidup dalam hidup kita dengan cara unik milik mereka sendiri..
Dalam wujud berubah menjadi inspirasi utama serta panutan sejati untuk membantu kita melanjutkan hidup dan memvisualisasikan mimpi..

No comments:

Post a Comment